F-22 Raptop: Pesawat Tempur Tercanggih!

Home » » F-22 Raptop: Pesawat Tempur Tercanggih!

Sejak tahun 1980-an, pesawat tempur ini sudah dirancang. Tahun 2005, baru resmi dipakai. Sampai kini, F-22 Raptor masih disebut pesawat tempur tercanggih.

SI SILUMAN
      F-22 memiliki kemampuan pesawat siluman atau stealth. Artinya, F-22 tidak terdeteksi radar pesawat musuhnya. Kok, bisa begitu?
      Radar pesawat mengirimkan gelombang radio dari antenanya. Lalu, mengumpulkan gelombang-gelombang yang memantul kembali dari benda-benda lain. Di layar radar, gelombang yang memantul kembali tampak sebagai titik. Semakin besar benda, semakin besar titik yang muncul pada layar radar.
      Nah, pesawat siiluman dirancang untuk hampir tidak memantulkan kembali gelombang dari pesawat lain. Rancangan itu meliputi sistem radar, antena, disain bentuk, dan bahan pesawat. Jadi, di layar radar pesawat musuh, F-22 tampak kecil seperti tawon. Begitu pesawat musuh menyadari keberadaannya, sudah terlambat! F-22 melaju lincar dan BUM!

SUPERCRUISE
      F-22 memakai teknologi supercruise, artinya dapat melesat dengan kecepatan supersonik tanpa memakai afterburner. Afterburner, artinya injeksi atau pembaakran kembali sisa bahan bakar yang ada pada  mesin, sehingga menciptakan daya dorong yang besar. Dengan afterburner, pesawat bisa terbang sanagat wuuush! Namun, afterburner boros bahan bakar.
      Dengan supercruise, F-22 lebih hemat bahan bakar, apat terbang lebih lama, lebih jauh, dan lebih luas jangakaunnya. Kecepatannya mencapai  1,5 Mach atau lebih (1 Mach = 1.062 km/jam). Selain itu, supercruise tidak sepanas afterburner. Pemakaian afterburner membuat pesawat lebih panas karena emisi bahan bakarnya lebih besar. Panasnya ini menjadi incaran radar dan peluru kendali musuh.

AVIONIK TERPADU
      Avionik adalah seluruh sistem elektronik pada pesawat terbang. Antara lain meliputi sensor, navigasi, komunikasi, dan sistem-sistem lain. Pada F-22, avioniknya terpadu atau saling terhubung. Hal ini membuat pilot bisa lebih fokus mengawasi medan pertempuran daripada sibuk menganalisan data-data yang masuk. Avionik terpadu itu karena F-22 dilengkapi komputer super. Komputer ini mampu mengolah data 700 juta informasi perdetik. Bantak dan sangat cepat!

PANJANG                   : 18,9 METER
TINGGI                        : 5 METER
LEBAR SAYAP             : 13,5 METER
BERAT KOSONG        : 19.700 KG
BERAT MAKSIMUM : 38.000 KG
.
Share this article :